Home » » Cipatujah Tengah

Cipatujah Tengah

Written By Unknown on Jumat, 22 Agustus 2008 | 20.44

Cipatujah bagian tengah meliputi desa cipatujah yang sekaligus juga merupakan ibu kota kecamatan cipatujah. Daerah-daerah yang ada di desa cipatujah meliputi:
1. Pasanggrahan; merupakan wilayah paling dekat dengan tempat wisata/bibir pantai dan merupakan tempat parkirnya kendaraan yang mau main ke pantai. Disini banyak tempat penjualan oleh-oleh khas pantai cipatujah meliputi kripik pisang, sale, agar-agar laut yang kering, kepiting, pakaian pantai dan lain-lain.
2. Neglasari yang kebetulan juga ke er-te-an saya dulu tinggal dan sekarang orang tua dan keluarga lainnya masih tinggal disana. Disini dibagian belakang daerah ini ada yang namanya daerah cipareuan/lebak yang mana terletaknya mesjid tempat waktu kecil saya suka "sakola agama". Saya masih ingat ajengannya pa "mur" dan sekarang penerusnya aa "enus".
3. Lapang, nama daerah ini disebut lapang karena mungkin disini ada lapangan sepak bola yang paling luas se desa cipatujah. Biasanya disini tempat acara-acara perlombaan sepak bola kalo agustusan antar ke-er-tean ataupun antar desa sekecamatan cipatujah.
4. Desa, nama ini juga sepertinya diambil dari tempat adanya kantor desa cipatujah, disampingnya juga terdapat sekolah dasar Cipatujah, disini juga saya menimba ilmu selama enam tahun. Wah kenangannya banyak banget di SD ini yang merupakan tempat belajar awal dari pembentukan jati diri saya. Dulu kepala sekolahnya Bapak Bohim, guru-gurunya bu cicih, pa yoyo, pa jamhari dll.. terima kasih saya ucapkan karena telah dengan tulus dan sabar memberikan ilmu sehingga saya bisa mencapai tingkat pendidikan yang saya cita-citakan (S2) dan bisa hidup mandiri.
5. Cimangkak, wilayah berada di cekungan karena diantara pudunan dan tanjakan, kalo dulu disini terkenal dengan jagoannya "bola voly". Wah pokoknya hebat sekali..
6. Sabeulit, nah disini kalo sekarang merupakan terminalnya cipatujah dan adanya SMPN1 Cipatujah, saya dulu sempat mencicipi pendidikan di sini hingga kelas 2, dan waktu kelas 3 saya pindah ke SMP N 1 Tasikmalaya.
7. Citoe, disini berdekatan dengan sabeulit, disini juga tempat adanya "Pesantren" tapi saya lupa lagi nama pesantrennya.
8. Tarisi, letaknya di puncak berada di wilayah kebon karet bagjanegara.
9. Gunung batu, ini merupakan ujung dari desa cipatujah di tengah-tengah kebon karet.
10. Sarakan, daerah ujung timur desa cipatujah
11. Cikidang, dulu disini daerahnya bagus sekali, dan merupakan objek wisata. Tapi kalo sekarang kayaknya tinggal sebuah nama aja, dan juga tinggal kenangan.
Cag dulu... nanti di sambung lagi....

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas, ada hotel yg bagus di Cipatujah ga? atau di Sindang Kerta? Saya mau ke sana tgl 23 January, di peta ga ada symbolnya. Thanks

Abin Suarsa mengatakan...

Kalo di cipatujah, ada beberapa hotel/penginapan yang cukup bagus, misalnya "naripan, pantai indah" kalo di sindang kerta ada penginapan yang punya PEMDA TASIKMALAYA yang cukup luas.

Selamat Datang di Cipatujah, dan selamat berwisata..

(abin)

StoneNews mengatakan...

Kang, saya dari jakarta berencana mau liburan ke cipatujah, bisa kasih saya rute yang harus di tempuh (w/ own car) jeezzae@gmail.com

Anonim mengatakan...

Dear kang stoneNews,
Kalo ke cipatujah dari jakarta ngambil bandung langsung ke tasikmalaya, sebelum masuk kota tasik sebaiknya lewat ke arah ringroad (jalan lingkar) sampe ke arah kawalu dari sana tinggal ngikutin jalan yang menuju karangnunggal hingga nyampe di ujung cipatujah.

Wilujeng berlibur kang

jangkipet mengatakan...

mani waraas imut kapungkur jeung jang abin ari usum impun, atawa basa caah ngala lauk disolokan dkt pa ajengan mur. juara kita tehnya wkwkwkw
seueur kenangan baheula teh siga Menbal di kebon kalapa sisi laut, perang perangan make kanyere, ngojay diwalungan, tradisi subuh2 mulung kalapa, ngaliwet meleum lauk nikmaaat pisan duh.
kumaha ayeuna aya keneh teu ?

jangkipet mengatakan...

jang lebaran ngayakeun festival ojek palang di laut, pasti rame jadikeun khas cptjh, publikasikan & und media pasti mau, gimana pa abin

Anonim mengatakan...

please welcome to sarakan city. He he

KULIAH MURAH DI BANDUNG

KULIAH MURAH DI BANDUNG
BIAYA SPP 350.000 PER BULAN